Analisis – Apakah CySEC Akan Melarang Opsi Binari ?

Setelah AS, Israel dan Kanada, kelayakan usaha opsi binari di Uni Eropa menjadi terguncang – bagaimana respon dari CySEC?

Ada serangkaian perkembangan yang mengkhawatirkan selama beberapa tahun terakhir tentang opsi binari. Hal yang dimulai sebagai kontroversi di AS pada tahun 2013 ialah aksi dari Securities and Exchange Commission (SEC) dan Commodity Futures Trading Commission (CFTC) yang membatasi penawaran produk melintasi Atlantik, telah menyebar ke daerah lain di dunia.

Meskipun terjadi sengketa apakah binary optionharus diberlakukan sebagai instrumen keuangan atau perjudian yang berkelanjutan, sejumlah regulator telah bergabung dengan AS untuk memberitakan bahwa opsi binari sangat berbahaya atau ilegal.

Pada awal pekan lalu, Israeli Financial Services Authority memberikan pemberitahuan 30 hari kepada makelar untuk memberikan kontrak di Israle, sebelum larangan opsi binari diaktifkan. Pihak berwenang di Kanada juga telah ikut bergabung dengan pengumuman bahwa Kanada harus mewaspadai makelar opsi binari yang mungkin menyalahgunakan data informasi dan kartu kredit pribadinya, diantara penipu finansial lainnya.

Coba perhatikan baik-baik, semua ini terjadi setelah rekor penyelesaian sebesar US$ 11 juta antara pemerintah AS dan Banc de Binary.

Regulator Kanada telah membandingkan opsi binari dengan perjudian dan diuraikan bahwa makelar sering memperlakukan klien mereka seperti itu. Berita ini muncul setelah satu tahun adanya keluhan dan penekanan buruk tentang opsi binari di seluruh Eropa, terutama dari Perancis dan otoritas lokal Authorite des Marches Financiers (AMF).

Regulator Perancis telah aktif mempelajari pasar opsi binari dan survey “mystery shopper” sudah diterbitkan tahun lalu yang mengungkapkan penyimpangan mencolok dalam praktik makelar opsi binari di seluruh Eropa.

  • CySEC dikecam oleh European Securities Markets Authority

Regulator Siprus telah berada di pusat studi AMF, dengan pembeli misterius yang mengelola untuk membuka rekening di 8 makelar yang diatur oleh CySEC. Setelah beberapa waktu, klien dari makelar yang diregulasi berusaha untuk menarik dananya dan berhasil melakukannya hanya pada dua kesempatan.

Setelah ribuan keluhan dari klien dari seluruh Uni Eropa, mereak menghubungi regulator lokalnya mengenai malpraktek oleh perusahaan yang bergerak dalam penyediaan layanan opsi binari, European Securities Markets Authority telah menerapkan tekanan kepada CySEC untuk mulai mengobati keluhan klien yang dinilai sudah cukup.

Menyajikan bukti tentang situasi dimana regulator Siprus telah mendapati dirinya adalah kenyataan setelah bertahun-tahun diam, pengawas akhirnya mulai menindak praktek yang meragukan ke seluruh industri dan mulai mengeluarkan denda lebih besar. Diatas semua itu, CySEC menyewa agen PR untuk memfasilitasi komunikasi dengan media.

  • Kelayakan opsi binari yang diregulasi di Uni Eropa

Melihat prospek industri di CySEC, kemungkinan kelanjutan dari operasi mekalar opsi binari yang diregulasi di Uni Eropa sebagian besar tergantung pada pengawas dan makelar itu sendiri.

Saat CySEC telah memperketat sikapnya mengenai perusahaan yang menawarkan kontrak opsi binari di seluruh Uni Eropa, hal tersebut akan mengambil tindakan pada bagian makelar untuk mematuhi praktek harga wajah agar industri tetap terus beroperasi secara legal di seluruh benua.

ESMA dapat mendorong CySEC untuk menundanya mengatur perusahaan opsi binari, namun preseden hukum di Belanda – yang melaporkan tokoh keuangan terkemuka tahun lalu – bisa memberikan garis hidup yang diperlukan untuk binary optionagar terus diatur sebagai produk keuangan.

Perusahaan Belanda – Optieclub – telah penuh semangat berjuang di pengadilan untuk mendapatkan haknya agar bisa diatur sebagai produk keuangan oleh regulator lokal selama beberapa tahun. Setelah keputusan pengadilan diberikan, akhirnya perusahaan tersebut diberikan hak untuk diatur sebagai perantara keuangan, regulator lainnya di seluruh Uni Eropa dalam teori diharuskan untuk melakukan hal yang sama.

  • Kasus CySEC untuk melanjutkan mengatur opsi binari

Saat CySEC menghadapi kritik dari ESMA terkait pelaksanaan mengatur makelar opsi binari, tidak ada pilihan bagi regulator untuk mendekati masalah ini dengan serius dan membuat perusahaan yang diatur untuk mematuhi standar yang telah ditentukan oleh hukum.

Saat sejumlah perusahaan yang terkait dengan industri opsi binari masih tetap didasarkan di Siprus, kasus politik untuk menghentikan regulasi dan menendang mereka keluar dari negara ini tidak menarik, terutama mengingat gentingnya perekonomian di Siprus saat ini.

Beberapa makelar besar yang beroperasi dari pulau dan industri menyediakan ribuan pekerjaan yang sulit untuk digantikan oleh industri yang ada di pulau itu. Hal ini untuk kepentingan CySEC agar tetap terus mengatur perusahaan opsi binari terutama mengingat bahwa tidak ada regulator lainnya di seluruh Uni Eropa. Sementara FCA dikabarkan mulai mengatur produk di masa lalu, banyak tempat telah berlalu sejak saat itu yang membuat transisi memungkinkan hingga saat ini.

Kondisi ini bertolak belakang dengan Indonesia, karena di Indonesia belum ada satupun regulasi yang mengatur tentang binary option ini. Salah satu cara untuk bisa bermain binary ini adalah dengan mencari broker binary option indonesia terbaik untuk trading dan investasi yang menyediakan jasa pembayaran melalui bank lokal seperti BCA, Mandiri, BNI, dan BRI.