12 MAKANAN SEDERHANA YANG DAPAT MENINGKATKAN KEMAMPUAN OTAK ANDA

Nutrisi memainkan peran penting didalam kinerja otak kita. Akan tetapi, anda tidak perlu menjadi seorang mahasiswa kedokteran untuk mendapatkan kejeniusan yang lebih baik.

Jika anda menggabungkan makanan tertentu dengan hidrasi yang baik, tidur yang tepat dan olahraga teratur maka anda dapat menyaingi kepintaran Einstein dalam waktu yang sangat singkat. Berikut ini adalah 12 makanan sederhana yang dapat meningkatkan kemampuan otak anda, diantaranya adalah :

1. Kacang-kacangan

The American Journal of Epidemiology menerbitkan sebuah studi yang menghubungkan asupan lebih tinggi dari vitamin E dapat mencegah menurunnya kemampuan kognitif. Kacang-kacangan seperti kenari dan almond (disertai makanan besar lainnya seperti buah alpukat) adalah sumber vitamin E.

Kacang mete dan biji bunga matahari mengandung asam amino dan hal tersebut dapat mengurangi stress dengan meningkatkan kadar serotonin. Kenari sangat mirip dengan otak, namun didalam beberapa kasus anda pastinya melupakan hal ini, kenari merupakan sumber omega 3 dan asam lemak yang dapat meningkatkan mental anda secara signifikan.

2. Asam Lemak Esensial

Otak anda adalah organ yang paling gemuk (tidak termasuk kulit) didalam tubuh manusia dan otak terdiri dari kandungan lemak sebesar 60%. Itu berarti, otak anda memerlukan asam lemak esensial seperti DHA dan EPA untuk memperbaiki dan membangun sinapsis yang terkait dengan memori.

Tubuh tidak secara alami menghasilkan asam lemak esensial, sehingga kita harus mendapatkannya dari makanan sehari-hari. Telur, rami dan ikan berminyal seperti salmon, sarden, kembung dan hering adalah sumber alam yang memiliki banyak asam lemak sintesis. Telur mengandung kolin, jadi semua yang diperlukan otak adalah neurotransmitter asetilkolin, untuk membantu anda mengingat informasi dan konsentrasi.

3. Buah Blueberry

Dikemukakan didalam studi Universitas Tufts untuk mendapatkan manfaat memori jangka pendek dan koordinasi setiap orang harus mengkonsumsi satu kemasan kecil blueberry. Saat blueberry dibandingkan dengan jenis buah-buahan lainnya dan sayuran, ternyata didalam blueberry memiliki kandungan antioksidan dalam jumlah yang sangat tinggi (terutama flavonoid), sedangkan saudara sepupunya yaitu strawberry, raspberry dan blackberry juga memberikan manfaat yang besar bagi otak.

4. Buah Tomat

Buah tomat telah dikemas dengan penuh antioksidan lycopene, yang telah terbukti membantu melindungi manusia terhadap kerusakan radikal bebas terutama bagi para pasien demensia.

5. Vitamin : Vitamin B / Asam Folat / Zat Besi

Beberapa makanan yang baik untuk memberikan vitamin B, asam folat dan zat besi agar meningkatkan kinerja otak adalah sayur kol, lobak, bayam, dan sayuran berwarna hijau gelap lainnya. Vitamin B6, B12 dan asam folat dapat menurunkan kadar homosistein dalam darah.

Sayuran ini dapat meningkatkan homosistein yang umumnya ditemukan pada pasien dengan gangguan kognitif seperti Alzheimer dan resiko stroke tinggi. Studi menunjukkan ketika sekelompok pasien usia lanjut dengan gangguan kognitif ringan diberis dosis tinggi B6, B2 dan asam folat terjadi penurunan yang signifikan didalam penyusutan otak dibandingkan dengan kelompok plasebo yang sama.

Sumber-sumber makanan lain yang memiliki kandungan vitamin B adalah hati, telur, kedelai, kacang dan kacang hijau. Oleh karena itu, zat besi membantu mempercepat fungsi otak dengan membawa oksigen. Jika otak anda tidak mendapatkan cukup oksigen, hal ini dapat memperlambat daya tangka seseorang dan orang tersebut dapat mengalami kesulitan dalam berkonsentrasi, berkurangnya intelektual, dan rentang perhatian yang pendek.

Untuk mendapatkan lebih banyak zat besi didalam diet anda, anda harus mengkonsumsi daging tanpa lemak, kacang-kacangan dan sereal yang diperkaya dengan zat besi. Vitamin C maembantu anda dapat penyerapan zat besi, jadi pastikan anda tidak lupa mengkonsumsi buah-buahan.

6. Zinc

Zinc secara konsisten mendemostrasikan pentingnya dirinya sebagai nutrisi yang kuat dalam membangun memori dan daya pikir. Kandungan mineral ini mengatur komunikasi antara neuron dan hipokampus.

Zinc disimpan didalam sel-sel saraf, dengan konsentrasi paling tinggi ditemukan di hipokampus, yaitu bagian dari otak yang bertanggung jawab untuk berfungsinya pendidikan tinggi dan memori. Beberapa makanan sehat yang memiliki kandungan zinc yang banyak terdapat di biji labu, hati, kacang-kacangan dan kacang polong.

7. Sayur Brokoli

Di lain sisi, kita tentu mengetahui dengan jelas bahwa seluruh sayuran hijau yang penting dan kaya akan antioksidan dan vitamin C, brokoli adalah makanan super bahkan diantara jenis pilihan sayur yang sehat. Karena otak anda menggunakan begitu banyak bahan bakar (berat otak hanya sekitar 3% dari berat tubuh anda, tetapi otak dapat menggunakan sampai 17% dari energi anda), hal ini akan lebih rentan untuk membebaskan radikal kerusakan dan antioksidan membantu menghilangkan ancaman ini.

Sayur brokoli dikemas dengan penuh antioksidan, ia dikenal sebagai sayuran yang dapat melawan penyakit kanker dan sayuran yang banyak mengandung vitamin K. Semua peneliti mengenal sayur brokoli sebagai sayur yang dapat meningkatkan fungsi kognitif.

8. Kacang Kedelai

Kacang kedelan, bersama dengan banyak makanan lain yang secara keseluruhan telah disebutkan disini diperkaya dengan protein yang dapat memicu neurotransmitter yang berhubungan dengan memori. Isolat protein didalam kacang kedelai adalah bentuk protein pekat yang dapat ditemukan didalam bubuk, cairan atau bentuk suplemen.

Kacang kedelai sangat berharga bagi tubuh anda karena mereka dapat meningkatkan memori dan fleksibilitas mental, sehingga anda harus menuangkan segelas susu kedelai sebagai sereal anda dan rasakan manfaatnya.

9. Coklat Hitam

Ketika kita membicarakan perihal warna coklat, maka semakin hitam akan semakin lebih baik. Cobalah untuk mengkonsumsi setidaknya coklat yang mengandung 70% kakao. Coklat hitam yang lezat ini diperkaya akan antioksidan flavanol yang dapat meningkatkan aliran darah ke dalam otak dan otak akan diberikan perisai sel dari penuaan.

10. Ginko Biloba

Tanaman ini telah digunakan selama berabad-abad didalam budaya timur dan terkenal di dunia karena dapat meningkatkan memori dan otot tubuh. Tanaman ini juga dapat meningkatkan aliran darah ke otak dengan melebarkan pembuluh darah, meningkatkan suplai oksigen, dan menghapus radikal bebas.

Namun, anda jangan berharap akan mendapatkan manfaat ini dalam semalam karena prosesnya mungkin akan memakan waktu hingga beberapa minggu untuk membangun sistem didalam tubuh anda sebelum anda sendiri melihat adanya perbaikan.

11. Teh hijau dan hitam

Penelitian telah menunjukkan bahwa baik teh hijau dan hitam dapat mencegah kerusakan asetilkolin yaitu bahan kimia utama yang terlibat didalam memori dan tidak dimiliki oleh pasien Alzheimer. Kedua teh ini tampaknya memiliki pengaruh yang sama terhadap penyakit Alzheimer, mereka dapat menjadi obat untuk memerangi penyakit tersebut.

Akan tetapi, apabila keduanya diadu maka teh hijaulah yang akan keluar sebagai pemenang karena dia dapat bertahan selama seminggu penuh dibandingkan teh hitam yang hanya berlangsung selama sehari.

12. Sage / Rosemary

Kedua kekuatan herbal ini telah terbukti dapat meningkatkan memori, kejernihan mental dan meringankan kelelahan mental didalam studi. Cobalah untuk menikmati kedua herbal ini didalam masakan favorit anda. Ketika anda mendapatkan mental yang baik, maka hal tersebut akan membuat anda menjadi lebih cerdas.